Selasa, 30 Juli 2013

bioma tundra, bioma taiga, bioma padang rumput, dan bioma gurun

Bioma tundra

Pengertian Bioma Tundra
`Bioma tundra dapat ditemukan di daerah lingkar kutub utara dan selatan. Tidak terdapat pepohonan yang dapat tumbuh di bioma ini, selain tumbuhan kecil sejenis rumput dan lumut. Di kutub utara, bioma ini terletak di sekitar lingkar Artik, Greenland. Sedangkan, di kutub selatan, hutan jenis ini dapat ditemukan di daerah Antartika dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Berdasarkan pembagian iklim, bioma tundra terdapat di daerah beriklim es abadi (EF) dan iklim Tundra (ET).

Ciri-ciri Bioma Tundra
Bioma tundra memiliki ciri-ciri sebagai berikut, di antaranya hampir semua wilayahnya tertutup oleh salju atau es, memiliki musim dingin yang panjang dan gelap serta musim panas yang panjang dan terang dikarenakan gerak semu matahari hanya sampai di posisi 23,5 derajat LU/LS, usia tumbuh tanaman juga sangat pendek, hanya berkisar antara 30-120 hari (1-4 bulan) saja.
Sedangkan vegetasi yang dapat hidup di bioma tundra misalnya seperti lumut kerak, rumput teki, tumbuhan terna, dan semak-semak pendek. Rumput teki, rumput kapas dan gundukan gambut (hillock tundra) biasa ditemukan di daerah berawa. Sementara untuk semak salik dan bentula biasanya tumbuh di daerah cekungan yang basah seperti Greenland. Untuk daerah yang kering, lumut, teki-tekian, ericeceae, serta beberapa tumbuhan yang berdaun agak lebar biasanya tumbuh dengan liar. Kerak, lumut, alga biasanya terdapat di lereng-lereng batu.

Fauna yang terdapat di bioma tundra kebanyakan memiliki bulu dan lapisan lemak yang tebal agar menjaga suhu tubuhnya tetap hangat. Hal ini dikarenakan iklim es abadi dan iklim tundra yang terjadi di daerah tundra. Fauna tersebut contohnya rus, rubah, kelinci salju, hewan-hewan pengerat, hantu elang, dan beruang kutub. Selain mamalia berkaki empat, muskox, bioma tundra juga mempunyai fauna khas seperti penguin. Sedangkan untuk yang hidup di air, seperti paus putih dan paus bertanduk. Burung-burung yang terdapat di sana adalah itik, angsa, burung elang, dan burung hantu.

bioma taiga
pengertian bioma taiga
Bioma Taiga banyak ditemukan di belahan bumi utara, misalnya di wilayah negara Rusia dan Kanada. Bioma Taiga merupakan bioma terluas dari bioma-boma lain yang ada di bumi.
Bioma Taiga adalah suatu hutan yang didalamnya hanya terdapat satu spesies pohon yang sejenis seerti konifer atau pinus dan sejenisnya. Keberadaan taiga dapat dilihat terutama di kawasan belahan bumi bagian utara seperti Rusia, Siberia Utara, dan Kanada Tengah dan Utara. Pertumbuhan taiga pada musim panas berlangsung selama 3 sampai 6 bulan.

Ciri-ciri Bioma Taiga

Ciri – ciri dari Bioma Taiga ini diantaranya suhu yang mencapai 0°F di musim dingin dan mencapai 90°F atau lebih pada musim panas. Musim dingin berlangsung sangat panjang dan daerah ini sangat basah karena penguapannya rendah. Taiga juga terdapat di daerah yang beriklim sedang dengan curah hujan mencapai 35 – 40 cm setiap tahun. Bila musim dingin datang, tanah yang ada akan berubah menjadi es dan mencapai 2m dibawah permukaan tanah. Taiga sendiri memiliki tanah yang asam.
Tumbuhan yang ada di Taiga ini selalu berwarna hijau sepanjang tahun meskipun pada waktu itu adalah musim dingin dengan suhu yang sangat rendah. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa hanya beberapa tumbuhan saja yang dapat hidup di taiga ini misalnya konifer dan pinus. Dikarenakan banyaknya tumbuhan konifer yang tumbuh di taiga ini membuat taiga disebut sebagai hutan konifer. Pohon yang ada di hutan konifer ini berbentuk seperti jarum dan juga mempunyai zat lilin yang membuatnya tahan terhadap kekeringan. Tumbuhan konifer itu seperti alder, birch, juniper dan spruce.
Ciri-ciri lain bioma taiga :
1.     Mempunyai musim dingin yang cukup panjang dan musim kemarau yang panas dan sangat singkat
2.    Selama musim dingin, air tanah berubah menjadi es dan mencapai 2 meter di bawah permukaan tanah
3.    Jenis tumbuhan yang hidup sangat sedikit, biasanya hanya terdiri dari dua atau tiga jenis tumbuhan.

Hewan / Fauna yang Hidup di Bioma Taiga

Keadaan yang ada membuat hanya sedikit hewan yang dapat bertahan hidup di daerah taiga ini. Beberapa diantaranya seperti beruang, serigala ajax, beruang hitam, dan burung-burung yang akan bermigrasi bila musim dingin tiba. Selain itu terdapat juga hewan seperti tupai dan mamalia kecil. Hewan – hewan tersebut mampu berhibernasi saat musim dingin datang. Hewan – hewan yang hidup di daerah Taiga biasanya terletak di daerah selatan tundra yaitu di daerah yang beriklim sedang dengan kutub. Sehingga daerah ini disebut dengan hutan boreal atau hutan berawa.

BIOMA  STEPA (padang rumput)

Pengertian bioma stepa


Bioma Stepa (Padang Rumput) terbentang dari daerah tropika sampai ke daerah subtropika yang curah hujannya tidak cukup untuk perkembangan hutan. Bioma Stepa berbeda dengan Bioma Sabana. Perbedaan yang cukup antara Stepa dengan Sabana adalah :
·         Pada bioma Sabana merupakan padang rumput yang diselingi oleh kumpulan pepohonan besar, sedangkan pada bioma Stepa merupakan padang rumput yang tidak di selingi oleh kumpulan-kumpulan pepohonan, kalaupun ada hanya sedikit saja pepohonan yang ada.

Ciri-ciri bioma stepa
Ciri -ciri bioma Stepa antara lain :
1.     Curah hujan tidak teratur, antara 250 – 500 mm/tahun
2.    Tanah pada umumnya tidak mampu menyimpan air yang disebabkan oleh rendahnya tingkat porositas tanah dansistem penyaluran yang kurang baik sehingga menyebabkan rumput-rumput tumbuh dengan subur.
3.    Beberapa jenis rumput mempunyai ketinggian hingga 3,5 m
4.    Memiliki pohon yang khas, yaitu akasia
5.    Wilayah persebaran bioma Stepa meliputi Afrika, Amerika Selatan, Amerika Serikat bagian barat, Argentina dan Australia.
Beberapa flora yang hidup di daerah bioma Stepa contohnya adalah :
Pohon Akasia dan Semak Belukar
Karena merupakan daerah padang rumput maka bioma ini bayak dihuni oleh beberapa herbifora dan karnifora, contohnya antara lain :
Rusa - Antelop - Kerbau
Kanguru - Harimau - Singa - Ular

BIOMA  GURUN

 

Pengertian bioma gurun

Bioma Gurun merupakan bioma yang di dominasi oleh batu/pasir dengan tumbuhan sangat jarang. Bioma ini paling luas terpust di sekitar 20 derajat LU, mulai dari Pantai Atlantik di Afrika hingga ke Asia Tengah. Sepanjang daerah itu terdapat kompleks gurun Sahara, gurun Arab dan gurun Gobi dengan luas mencapai 10 juta km persegi.




 Ciri-ciri bioma gurun adalah gersang dan curah hujan rendah (25 cm/tahun). Suhu slang hari tinggi (bisa mendapai 45°C) sehingga penguapan juga tinggi, sedangkan malam hari suhu sangat rendah (bisa mencapai 0°C). Perbedaan suhu antara siang dan malam sangat besar
Tumbuhan semusim yang terdapat di gurun berukuran kecil. Selain itu, di gurun dijumpai pula tumbuhan menahun berdaun seperti duri  contohnya kaktus, atau tak berdaun dan memiliki akar panjang serta mempunyai jaringan untuk menyimpan air.
 Hewan yang hidup di gurun antara lain rodentia, ular, kadal, katak, dan kalajengking




ngomong mokasih lah kamu samo aku, menges jg aku buat inini

26 komentar:

  1. makasih udh nge post tntng bioma" ini.. :)

    BalasHapus
  2. makasih banyak ya:) artikel ini banyak membantu

    BalasHapus
  3. numpang tanya..bioma yang terdapat di belahan bumi sebelah utara dan dipegunungan daerah tropik itu bioma apa? trima ksih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Taiga.

      Karena di belahan bumi utara ada Rusia dan Kanada, dimana taiga ada di Rusia dan Kanada.
      Di daerah pegunungan ada hutan yang isinya pinus pinusan dan cornifer, nah itu kan taiga. Karna ciri taiga = hutannya isi nya corfiner cornifer-an doang

      Hapus
  4. thank you for your information

    BalasHapus
  5. Mokasih ee, brmanfaat nian hha

    BalasHapus
  6. Mokaseh lah yo
    Bermanfaat nian caknyo hha

    BalasHapus
  7. Mokaseh lah yo
    Bermanfaat nian caknyo hha

    BalasHapus
  8. Terima kasih banyak untuk ilmunya

    BalasHapus